Istana Undang 2.000 Orang Hadiri HUT RI, Begini Cara Daftarnya

Masyarakat yang hadir ke Upacara HUT RI ke-77 harus sudah mendapatkan booster Covid-19.
Rizky Alika
1 Agustus 2022, 12:17
HUT RI, istana, 17 agustus
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma\'ruf Amin menghadiri upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75 di Istana Negara pada Senin (17/8).

Istana Kepresidenan tengah mempersiapkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Pada upacara 17 Agustus kali ini, Istana Kepresidenan mengundang 2 ribu masyarakat untuk hadir di lokasi.

"Pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di kantornya, Senin (1/8).

Undangan kepada masyarakat bersifat first in, first out. Ini artinya, masyarakat yang lebih dahulu mendaftar akan mendapatkan undangan tersebut.

Pendaftaran dapat dilakukan di pandang.istanapresiden.go.id. Heru mengatakan, 100 pendaftar pertama akan mendapatkan hadiah dari panitia Sekretariat Presiden.

Advertisement

Sementara Kepala Biro Sekretariat Presiden Protokol Yusuf Permana mengatakan, masyarakat yang hadir langsung harus sudah divaksin Covid-19 dosis ketiga. Selain itu, masyarakat juga diwajibkan swab antigen.

Tak hanya itu, panitia juga akan menyiapkan kode batang di pintu masuk untuk pemindaian status vaksinasi. "Di Istana menerapkan protokol kesehatan ketat," ujar dia.

Selain masyarakat, Istana Kepresidenan juga mengundang para menteri, kepala lembaga, jajaran petinggi TNI dan Pori, dan mantan Presiden RI.

Adapun, Istana telah menyiapkan agenda pada 17 Agustus. Mulai pukul 08.30 WIB, Istana akan mengadakan hiburan, salah satunya pagelaran tari secara massal.

Jokowi mengukuhkan anggota Paskibraka pengibar Merah Putih saat HUT RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8) Foto: Muchlis Jr, Biro Pers Se
Jokowi mengukuhkan anggota Paskibraka pengibar Merah Putih saat HUT RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8) Foto: Muchlis Jr, Biro Pers Se (Katadata)

 

Selanjutnya, prosesi kirab Bendera Pusaka dari Monas menuju Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada 09.00. Nantinya, masyarakat diperbolehkan turut memeriahkan acara tersebut.

Sementara, Upacara Peringatan HUT ke-77 RI akan dimulai pukul 10.17 WIB. Selanjutnya, Istana kembali mengundang 2 ribu masyarakat untuk hadir pada Upacara Penurunan Bendera.

Acara akan dimulai dengan hiburan pada 15.00 WIB. Sedangkan, upacara penurunan bendera akan berlangsung pada 16.00-17.20 WIB. Di luar itu, pihak Istana juga menyiarkan rangkaian acara secara daring.

Berbeda dengan sebelumnya, Upacara HUT RI kali ini akan diikuti oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) secara lengkap. Sebagaimana diketahui, Upacara HUT RI pada dua tahun lalu masih diikuti tim Paskibraka secara terbatas karena pandemi Covid-19.

Di luar itu, Istana turut mengundang masyarakat untuk mengikuti rangkaian HUT RI secara daring sebanyak 77 ribu orang. 

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait