Ini Daftar 10 Bank dengan Aset Terbesar di Dunia pada 2021

enam dari 10 bank dengan total aset terbesar di dunia berasal dari Cina. Bahkan, empat urutan teratas bank dengan total aset terbesar berasal dari Negeri Tirai Bambu.
Image title
Oleh Lavinda
22 Juni 2022, 17:48
Bank
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi

Industri perbankan seringkali dianggap sebagai bisnis yang menggiurkan dari sisi keuntungan. Hal itu tak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Tak heran, sejumlah korporasi perbankan masuk dalam jajaran perusahaan paling kaya karena menghasilkan cuan tertinggi. Tak hanya itu, perusahaan perbankan juga umumnya memiliki aset bombastis.  

Dalam hal ini, situs Sovereign Wealth Fund (SWF) Institute merilis daftar 10 bank dengan total aset terbesar di dunia pada 2021.

Berdasarkan data SWF, enam dari 10 bank dengan total aset terbesar di dunia berasal dari Cina. Bahkan, empat urutan teratas bank dengan total aset terbesar berasal dari Negeri Tirai Bambu. 

Advertisement

Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) merupakan bank terbesar di dunia dengan total aset mencapai US$ 5,53 triliun atau sekitar Rp81.997 triliun (kurs Rp14.837/US$). ICBC adalah merupakan bank milik pemerintah Tiongkok dan berkantor pusang di Peking.

Selanjutnya, China Construction Bank Corp (CCB) berada di peringkat kedua dengan total aset US$ 4,75 triliun. Pada 2005, Bank of America mengakuisisi 9% saham di CCB senilai US$ 3 miliar.

Hasil kesepakatan tersebut membuat Bank of America memiliki kantor di Hong Kong, Shanghai, dan Guangzhou. Di sisi lain, CCB juga memiliki cabang luar negeri di Barcelona, Frankfurg, Luksemburg, Hong Kong, Johannesburg, New York, Seoul, Singapura, Tokyo, dan beberapa wilayah lain. Namun dalam perkembangannya, Bank of America kembali menjual saham CCB.

Di urutan ketiga ada Agricultural Bank of China yang memiliki total aset US$ 4,43 triliun. Kemudian, Bank of China berada di urutan keempat dengan total aset US$ 4,07 triliun.

Perusahaan dari Inggris, Barclays bertengger di posisi kelima bank terbesar di dunia dengan total aset US$ 1,9 triliun

Perusahaan asal Cina kembali menempati posisi bank terbesar, tepatnya di peringkat keenam, yakni Postal Savings Bank of China dengan total aset US$ 1,89 triliun.

Perbankan asal Spanyol, Banco Santander menduduki peringkat ketujuh dengan total aset US$ 1,84 triliun. Selanjutnya, bank asal Negeri Tirai Bambu kembali mengambil posisi, kali ini di urutan kedelapan, Bank of Communications  dengan total aset US$1,76 triliun.

Berada di urutan kesembilan dan kesepuluh antara lain, bank asal Perancis, Groupe BPCE  dengan total aset US$1,73 triliun, dan lembaga keuangan asal jerman, Deutsche Bank AG dengan total aset US$1,5 triliun.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait