Kinerja Apik, BUMN Dongkrak Perekonomian Indonesia

BUMN sebagai penopang perekonomian Indonesia berkomitmen melanjutkan berbagai program untuk mendukung pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi.
Image title
Oleh Hadi S
5 Agustus 2022, 23:17
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan paparannya saat mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022). Raker tersebut beragendakan pengambilan keputusan terhadap usulan BUMN penerima PMN 2023 dan Inisiati
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, saat kondisi perekonomian global yang masih penuh tekanan, pada triwulan (TW) II-2022 Indonesia mampu bertumbuh 5,44% year on year (YoY).

Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi, Erick Thohir menilai kinerja apik BUMN berdampak langsung dalam mengerek pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena itulah, ia pun mengucapkan terima kasih atas kerja keras direksi, komisaris, dan seluruh insan BUMN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Erick sejak awal memang menekankan BUMN harus berada di garda terdepan, menjadi motor pemulihan ekonomi Indonesia. Sebagai contoh, kata Erick, transportasi dan pergudangan bertumbuh 21,27% YoY pada TW-II 2022.

Menurut dia, peningkatan ini juga merupakan kontribusi dan sukses dari BUMN di klaster logistik, pelonggaran mobilitas dan daya beli yang terjaga mendorong akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi.

Advertisement

Erick mengungkapkan, bahwa mobilitas masyarakat sepanjang TW-II 2022 meningkat pesat, utamanya didorong oleh pelonggaran syarat perjalanan serta momen Hari Raya Idul Fitri ketika jumlah penumpang di seluruh moda transportasi meningkat.

Tercatat sepanjang Januari-Juni 2022 pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 18,15 juta orang atau naik hampir 100% dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 9,1 juta orang.

Menurut Erick Thohir, salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan adalah suksesnya Kementerian BUMN dalam melaksanakan program mudik bersama. "BUMN dipastikan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," katanya melalui siaran pers, Jumat (5/7).

Lebih lanjut mantan Presiden Inter Milan itu mencontohkan upaya ekstra yang dilakukan BUMN klaster logistik seperti, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam memaksimalkan operasional 59 terminal penumpang dan meningkatkan akurasi informasi jadwal kapal untuk memastikan tidak adanya penumpukan penumpang.

Kemudian PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menyiagakan 459 lokomotif untuk memastikan tidak ada kekurangan gerbong.

Selain itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga memastikan adanya alat berat dan persiapan lainnya di setiap ruas jalan tol untuk dapat segera melakukan perbaikan jalan tol.

Berikutnya, kata Erick, ada PT Angkasa Pura II yang mengaktifkan kembali Sub Terminal 1A untuk mendukung peningkatan operasional dan pelayanan di bandara, khusus untuk mengantisipasi pelonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Tak kalah penting, kata Erick, Pertamina juga memastikan pemenuhan BBM selama arus mudik dan arus balik dengan menyediakan layanan tambahan layanan SPBU Siaga di sepanjang ruas tol.

Adapun Pertamedika IHC menyediakan pengecekan kesehatan termasuk ambulance stand by di lokasi tertentu.

Dengan layanan BUMN yang disediakan tersebut, Erick mengklaim hal itu mampu meningkatkan confidence level masyarakat untuk melakukan mudik yang dapat menggerakkan perekonomian.

Sejalan dengan hal tersebut, Erick sampaikan, kinerja klaster logistik BUMN menunjukkan perbaikan pada TW-II 2022. Laba bersihnya meningkat hampir dua kali lipat secara YoY.

Kementerian BUMN memprediksi Klaster Logistik akan tetap menunjukan kinerja positif dengan akan meningkatnya mobilitas masyarakat di era pasca covid.

Sementara itu, lanjut Erick, pertumbuhan Industri Logam Dasar nasional didorong peningkatan kebutuhan luar negeri.

Erick menyebut Industri Logam Dasar Nasional mengalami kenaikan dari 7,9% pada TW-I 2022 dan naik menjadi 15,79% pada TW II-2022.

PT Krakatau Steel mengalami peningkatan volume penjualan pada TW-I 2022 sebesar 539.111 ton. Volume penjualan pada TW-II 2022 meningkat 16% menjadi 626.400 Ton.

Erick menegaskan, BUMN berkontribusi dalam memastikan pertumbuhan PDB dari sisi pengeluaran. "Terutama untuk memastikan konsumsi rumah tangga yang tumbuh sekitar 5,51% dengan kontribusi mencapai 51,5%," katanya.

Oleh karena itu, kata Erick, Pertamina memastikan pasokan BBM kepada seluruh masyarakat tetap terjaga di tengah melonjaknya harga minyak mentah dunia sebagai dampak dari konflik Rusia-Ukraina.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan, bahwa PLN pun memastikan pelanggan rumah tangga dengan daya di bawah 3500 VA tidak mengalami kenaikan tarif listrik.

BUMN juga memastikan kanal pembayaran dapat dilakukan secara nontunai untuk kemudahan dalam bertransaksi dan juga efisiensi waktu.

Hal ini tidak terlepas dari peran akselerasi digitalisasi oleh BUMN melalui transformasi Himbara. "Antara lain melalui aplikasi mobile seperti BRIMo, Livin’ by Mandiri untuk menjangkau pelayan masyarakat yang lebih luas."

Erick memaparkan, peningkatan transaksi uang elektronik, kartu debit dan kredit pada TW- II 2022 tercatat meningkat sebesar 2,60% YoY didukung dengan inisiatif digitalisasi yang dilakukan.

Erick menyatakan BUMN juga punya andil di pertumbuhan ekspor di TW II-2022 yang mana ekspor tumbuh 19,74%. Sebagai contoh ekspor BUMN kluster minerba sekitar 11% terhadap ekspor nonmigas nasional.

Dengan peningkatan global demand minerba dan kenaikan pesat harga batu bara dunia (dari US$170 /ton pada Januari 2022 hingga US$390/ ton pada Juli 2022).

"BUMN klaster pertambangan mendapatkan windfall profit, yang mana net profit mencapai Rp12.301 miliar pada TW II- 2022 (161,3% YoY)," ujarnya.

Erick kembali mengatakan, bahwa BUMN sebagai penopang perekonomian Indonesia berkomitmen melanjutkan berbagai program untuk mendukung pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi.

"Diharapkan momentum pertumbuhan ekonomi pada TW II-2022 sebesar 5,44% dapat terus terjaga hingga akhir tahun," katanya.

(Tim Riset Katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait