Apresiasi Seluruh Delegasi, Jokowi Resmi Menutup ASEAN Para Games 2022

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan terima kasih terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022.
Image title
6 Agustus 2022, 21:07
Presiden Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes melambaikan tangan ke arah penonton saat menghadiri penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022).
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.
Presiden Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes melambaikan tangan ke arah penonton saat menghadiri penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi, resmi menutup ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (6/8) malam.

"Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillahirabbil 'alamin, ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini. Sampai jumpa di ASEAN Para Games ke-12 Tahun 2023 di Kamboja," kata Presiden Jokowi, dikutip dari Antara.

Presiden menyampaikan Indonesia sangat bangga dapat menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN yang telah berpartisipasi.

"Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi," ujarnya.

Advertisement

Menurutnya, solidaritas antara bangsa-bangsa ASEAN yang ditunjukkan oleh para atlet, akan menjadi kekuatan besar bagi kawasan dan bagi penyandang disabilitas. Oleh karena itu, ia mengungkapkan harapannya agar inisiatif dari para penyandang disabilitas terus didukung.

Kepala Negara juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara, terutama para atlet yg telah menunjukkan sportifitas dan rasa persaudarannya.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada ASEAN Para Sports Federation (APSF), Internasional Sports Federations. NPC National Paralympic Committees, dan Komite Nasional Asean Para Games ke-11.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta dan masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah sukses menjadi tuan rumah.

Adapun, Indonesia telah dipastikan menjadi juara umum pesta olahraga terbesar atlet penyandang disabilitas tersebut, dengan perolehan 177 medali emas, 141 perak, dan 110 perunggu.

Tahun ini merupakan kali ketiga Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games setelah 2014 di Naypyidaw, Myanmar, dan 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Para-atletik menjadi cabang olahraga penyumbang medali terbanyak, dengan perolehan 63 emas, 44 perak, dan 24 perunggu. Diikuti oleh cabang para-renang yang mengemas 29 emas, 31 perak, dan 27 perunggu.

Dalam penutupan gelaran ASEAN Para Games 2022, Jokowi juga mengajak semua pihak menyukseskan perhelatan ASEAN Para Games XII tahun 2023 yang akan dilangsungkan di Kamboja. Ia pun mengapresiasi Wakil Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Kamboja Hun Many atas kesediaan Kamboja menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XII 2023.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait